Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal ini sangat penting sekali untuk Anda ketahui. Pasalnya, ada beberapa makanan yang efeknya sangat tidak baik bagi kesehatan ginjal Anda.

Anda juga perlu tahu, bahwa melakukan pengobatan gagal ginjal, termasuk cuci darah bukan satu-satunya upaya yang harus Anda lakukan agar penyakit gagal ginjal Anda bisa sembuh. Tapi, Anda juga harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal.

Penyakit Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal GinjalGinjal yang memiliki fungsi vital bagi tubuh untuk menyortir dan membuang limbah dan racun melalui urine ini tidak bisa berfungsi lagi dengan baik pada penderita gagal ginjal.

Akibatnya, penderita gagal ginjal bisa mengalami komplikasi yang serius, bahkan penderita gagal ginjal harus melakukan cuci darah untuk menghilangkan kelebihan kotoran dan air di dalam darah.

Tentu saja, biaya yang dibutuhkan untuk satu kali cuci darah tidaklah murah. Setidaknya, Anda harus memiliki dana sebesar 600 ribu sampai dengan 1 juta untuk satu kali cuci darah (biaya di masing-masing rumah sakit berbeda).

Maka dari itu, untuk mengurangi risiko cuci darah, ada baiknya, selain melakukan pengobatan, Anda juga menjaga pantangan makanan penyakit gagal ginjal.

Pentingnya Menjaga Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Membatasi sampai dengan tidak mengkonsumsi sama sekali makanan-makanan yang termasuk kedalam pantangan bagi penderita gagal ginjal sangat penting sekali untuk Anda lakukan.

Beberapa makanan mungkin masih dapat di toleransi oleh ginjal Anda yang sudah bermasalah. Namun, ginjal Anda tidak bisa memberi toleransi terhadap beberapa makanan tertentu, salah satunya makanan tinggi garam.

Mengkonsumsi makanan tersebut hanya akan menambah beban kerja ginjal Anda yang sudah rusak. Maka, bisa di pastikan, mengkonsumsi pantangan makanan penyakit gagal ginjal hanya akan menambah buruk kondisi kesehatan ginjal Anda.

Nah, di bawah ini ada informasi bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita gagal ginjal.

Baca : Obat Penurun Kreatinin Tinggi Pada Penderita Gagal Ginjal

Inilah Daftar Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

  • Makanan Berlemak

Pantangan bagi penderita gagal ginjal yang pertama adalah semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, baik itu aneka gorengan, makanan bersantan, jeroan, kulit ayam, mentega / margarine, maupun seafood (udang, kepiting, cumi, kerang, dll)

  • Makanan Yang Mengandung Kalium Tinggi

Kalium tinggi dalam tubuh hanya akan menyebabkan penumpukan dan membuah ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa makanan dengan kandungan kalium yang harus Anda hindari meliputi: Pepaya, termasuk daunnya yang biasa dijadikan lalapan, stroberi, melon, kiwi, aprikot, pisang, apel, anggur, alpukat, jeruk, seledri, kembang kol, buncis, bayam, tomat, okra, dan kubis.

  • Produk Susu dan Olahannya

Susu memang sehat, tapi belum tentu menyehatkan bagi penderita gagal ginjal. Selain tinggi kalium, susu juga mengandung protein. Pun dengan olahannya, seperti: es krim, keju, puding, yoghurt, dll.

  • Karbohidrat

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, jagung, kentang, ubi, pasta, macaroni, dan hevemout sebaiknya Anda batasi, jika perlu tidak dikonsumsi sama sekali.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan, biji-bijian, maupun sayuran yang kaya akan serat, mineral, dan vitamin.

  • Makanan Tinggi Garam (Sodium)

Makanan yang harus dijauhi oleh penderita gagal ginjal lainnya adalah makanan yang mengandung garam tinggi. Makanan beku, makanan dalam kaleng (termasuk buah dan sayur kalengan), dan makanan cepat saji termasuk makanan dengan kandungan garam yang cukup tinggi.

  • Makanan Tinggi Protein

Tidak hanya susu, makanan dengan kandungan protein yang tinggi juga sebaiknya Anda batasi, seperti daging-dagingan, baik daging merah maupun daging unggas, ikan, telur, dan udang.

Beberapa ahli gizi menyarankan apabila penderita gagal ginjal ingin konsumsi protein, sebaiknya tidak lebih dari 1 gram protein perkilogram berat badan perhari.

  • Minuman dan Makanan Lainnya

Selain makanan-makanan di atas, Anda juga sebaiknya membatasi konsumsi makanan lainnya yang meliputi:

  1. Cokelat
  2. Selai kacang
  3. Soda, minuman bernegi, dan minuman berkarbonasi lainnya
  4. Alkohol
  5. Tape ketan maupun tape singkong
  6. Durian
  7. Nangka
  8. Buah yang dikeringkan
  9. Mie instan
  10. Pizza
  11. Makanan yang mengandung bahan pengawet kimia, salah satunya makanan ringan
  12. kemasan
  13. Sarden
  14. Daging olahan (sosis, ham, burger, hotdog, dll)
  15. Makanan yang di bakar (steak, sate, dll)

Anda juga sebaiknya membatasi asupan cairan. Jika tubuh kelebihan cairan, maka cairan tersebut akan menumpuk dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit ain seperti sesak napas.

Beberapa Cara Agar Penyakit Gagal Ginjal Anda Tidak Semakin Parah

Selain menjaga pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal di atas, Anda juga sebaiknya mulai merubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

  • Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan pantauan dari dokter Anda
  • Istirahat dengan cukup minimal 7-8 jam sehari
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Mengelola stres dan sebisa mungkin menghindari rasa cemas berlebihan
  • Mengkonsumsi obat gagal ginjal alami yang tidak mengandung bahan kimia, sehingga jauh lebih aman untuk Anda konsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan di sini. Semoga artikel mengenai pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda penderita gagal ginjal mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Salam Sehat
By : Obat QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *